SIPON,..PERMUDAH AKSES INFO DAN BAYAR PAJAK DAERAH

Tembilahan - Perkembangan teknologi informatika memberikan dampak positif perubahan pola interaksi dan pola transaksi di masyarakat. Kecendrungan pola ini mendorong dan menuntut perbaikan pelayanan publik yang efektif, mudah, cepat, tepat dan transparan. Berbagai sektor pelayanan publik telah berbenah dan berinovasi dengan berbagai sarana teknologi yang mempermudah bagi pemberi dan penerima layanan.

SIPON, merupakan inovasi atas Pelayanan Pajak Daerah Melalui Sistem Pembayaran Online (SIPON) Terintegrasi” dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan memberi ruang bagi peningkatan pendapatan daerah dengan terobosan inovasi. Pengembangan Website bapenda inhil (https://bapenda.inhilkab.go.id/) ini bertujuan memberikan layanan akses informasi pajak daerah dan sekaligus dapat melakukan pembayaran dengan berbagai pilihan kanal pembayaran PT. BRK Syariah dan PT. Pos (Persero).

Bupati Indragiri Hilir melalui Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Indragiri Hilir, tanggal 14 Agustus 2023, pada Rapat Koordinasi Optimalisasi Pendapatan Daerah, menyebutkan melalui kerjasama yang telah dibangun selama ini, terlepas dari berbagai dinamika yang terus berkembang serta berbagai tantangan, pemikiran dan inovasi dapat terus ditingkatkan dan dilaporkan perkembangannya. Inovasi saat ini tentunya merupakan keberhasilan yang sangat disyukuri dan dibanggakan.

“Dalam upaya membangun pelayanan pajak daerah agar lebih efektif dan efisien, sekaligus guna menjawab tantangan serta mendukung regulasi yang telah ada, mudah-mudahan kehadiran inovasi Sipon ini dapat memberikan kemudahan dengan lebih cepat dan cerdas dalam proses administrasi bagi masyarakat untuk menghimpun, mengakses informasi serta membayar pajak daerah” harapannya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Fadillah, S.Pi.,MT menjelaskan “Sistem pembayaran non tunai ini merupakan sebuah model layanan baru yang diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah dengan nama Inovasi SIPON Terintegrasi. Tujuan dikembangkannya SIPON ini adalah untuk memberikan pilihan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran dan mengaskses info pajak daerah”.

“Selain peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), digitalisasi pelayanan dan transaksi pemerintah daerah dapat memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan masyarakat yang cenderung mengalami perubahan dalam pola interaksi dan pola transaksi” tutupnya.

Pelayanan Pajak Daerah Melalui Sistem Pembayaran Online (SIPON) Terintegrasi memberikan kemudahan dan harapan atas peningkatan penerimaan pendapatan daerah sektor pajak daerah, yaitu memberikan kemudahan, kecepatan, dan keterjangkauan kepada masyarakat dalam pelayanan pembayaran pajak daerah, target Pemda dalam peningkatan PAD semakin efisien dan dapat mencegah terjadinya penyimpangan, informasi tagihan pajak daerah dapat di akses secara cepat, pelayanan Pembayaran Pajak dengan lebih dari 12 kanal pembayaran, yaitu: Qris, BRK Mobile, Tokopedia, Bukalapak, Gopay, Pospay, Traveloka, Linkaja, Alfamart, Indomart, Ovo dan Dana dan pembayaran Pajak Daerah Onsite atau Via aplikasi dengan teknologi QRIS yang dapat menerima pembayaran dari rekening bank maupun dompet elektronik.

 

= Bidang PHP Bapenda Kab. Inhil =